Pendampingan Kasus

Diutamakan pada kasus yang menyangkut pada kepentingan-kepentingan kelompok masyarakat dan pula memiliki prospek bagi pengembangan dan pembaharuan hukum yang lebih memihak kepada masyarakat.

Pengorganisasian, publikasi dan kampanye adalah salah satu bagian kegiatan dari pendampingan kasus yang fungsinya sebagai alat pembantu terselesaikannya suatu kasus.

     Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan bagian kerja advokasi LBH Yogyakarta yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan berbagai bentuk aktifitas, yang antara lain dengan melakukan pendidikan peningkatan kapasitas masyarakat korban dan penyadaran akan posisi serta hak-haknya yang terampas.

     Publikasi & Kampanye

LBH Yogyakarta juga aktif dalam melakukan kegiatan publikasi dan kampanye menyangkut topik yang menjadi bidang prioritas kerja LBH Yogyakarta seperti perlindungan terhadap hak sipil dan politik, Hak ekonomi , sosial danbudaya serta perlindungan terhadap hak-hak buruh, petani dan kelompok miskin kota serta kelompok-kelompok rentan.