Tolak Digusur, PKL Geruduk Kampus MMTC

Tolak Digusur, PKL Geruduk Kampus MMTC

Tuesday, 12 June 2012 SLEMAN – Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Jombor menggeruduk Kampus Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta di Jalan Magelang Km 6 Mlati, Sleman, kemarin.

Mereka menolak rencana penggusuran puluhan lapak PKL oleh kampus. Berdasarkan informasi yang diperoleh,penggusuran PKL di sekitar kampus MMTC Yogyakarta rencananya dilakukan kemarin. Penggurusan sebagai upaya penataan lahan guna memperindah suasana kampus. Ketua Paguyuban PKL Jombor Heri Widodo mengatakan, pedagang berang lantaran perintah pengosongan dilakukan secara mendadak,bukan melalui musyawarah terlebih dahulu.

Bahkan yang disayangkan, dia mendapatkan perintah pengosongan melalui telepon dari seseorang yang mengaku dari MMTC. ”Saya sayangkan kenapa di sini ada paguyuban, tapi tidak melalui surat resmi,” katanya,kemarin. Jumlah pedagang di sekitar kampus MMTC Yogyakarta sebanyak 40 orang.Menurut Heri, para pedagang hanya meminta diberikan lahan untuk tempat berjualan dan siap untuk dibimbing. Jika pun nantinya dilakukanrelokasi, pedagangakanmemilih tetap berjualan di lokasi yang telah puluhan tahun mereka singgahi,karena mereka merasa di Sleman belum ada tempat relokasi PKL.

”Kami tetap akan berjualan di sini sampai ada peraturan resmi dari pemerintah untuk mengosongkan tempat ini,” ujarnya. Kasubag Umum MMTC Yogyakarta Tarjana menerangkan, MMTC pada 6-12 Juli mendatang memiliki program menyelenggarakan kegiatan Dies Natalis ke-27 dengan mengadakan expo di lapangan MMTC.Karena mendesak,sebagai akses keluar masuk ke lapangan, diperlukan jalan yang lebar,sehingga kampus akan membuka pagar lapangan untuk pelebaran dan pengerasan jalan.

”Tahun ini ada anggaran penataan MMTC itukarenamendesak1Juliharus selesai,”tuturnya. Namun karena di halaman kampus ada PKL,pihak MMTC sebelumnya telah melakukan rapat untuk sosialisasi dengan mengundang PKL, kecamatan dan kelurahan. Selama proses yang akan dilalui, pedagang diminta untuk mengosongkan lokasi berdagang. ”Rencananya hari ini seharusnya mulai dilakukan kebijakan penataan lahan dalam rangka memperindah suasana MMTC,”ujarnya. muji barnugroho

Sumber : Seputar Indonesia

Scroll to top