LBH Yogyakarta Siap Dukung Suparman Marzuki

YOGYA (KRjogja.com) – Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, M Irsyad Thamrin menjelaskan, pihaknya siap memberikan dukungan pada Wakil Ketua Komisi Yudisial, Suparman Marzuki yang pernah membeberkan kejanggalan profesionalisme hakim dtubuh Mahkamah Agung (MA). LBH siap mengumpulkan para pengacara Yogyakarta untuk mendukung Suparman, yang kini diperkarakan oleh MA ke Mabes Polri.

“Kami sebagai bagian dari LBH Indonesia bersama dengan LBH provinsi lain seperti Bandung dan Medan siap mendukung Suparman Marzuki. Bukan sebagai pribadi, namun dukungan kepada Komisi Yudisial. Kami akan siapkan teman-teman pembela untuk kasus ini,” terang Irsyad di Kantor LBH Yogyakarta, Kamis (14/7).

Irsyad meneruskan, kalau perlu, Komisi Yudisial harus membuka posko aduan untuk menampung laporan para korban praktek ketidakprofesionalan hakim di pengadilan. Dirinya juga mengimbau pihak kepolisian untuk tidak mengkriminalisasi orang-orang seperti Suparman yang mencoba membuka tabir gelap di MA.

“Seharusnya adanya pembeberan itu membuat MA bisa introspeksi, memperbaiki diri dan bisa lebih profesional lagi dalam melakukan perekrutan hakim,” imbuhnya.

Sementara itu, pakar hukum dari Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM, Oce Madril menerangkan, fakta yang disampaikan Suparman bukanlah hal baru, sehingga tidak perlu disiikapi dengan berlebihan. Menurutnya, MA memang perlu mengkritisi sistem perekrutan hakim di indonesia yang memang tertutup, susah dievaluasi maupun dikritisi, serta identik dengan nepotisme dan politik uang.

“Ini diperlukan karena hakim kita bila sudah menjabat susah dibendung, susah dievaluasi, susah ditendang dari sistem karir. Seharusnya Komisi Yudisial juga diajak kerjasama bersama MA dalam melakukan seleksi calon hakim, bukan hanya memilih hakim agung saja,” katanya. (Den)

Sumber : http://www.krjogja.com/news/detail/92203/LBH.Yogyakarta.Siap.Dukung.Suparman.Marzuki.html

Kamis, 14 Juli 2011 14:14:00

Scroll to top