Ketua LBH Yogya Incar Jabatan Walikota

Tribun Jogja – Kamis, 17 Februari 2011 18:48 WIB

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rina Eviana

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Irsyad Thamrin akan meramaikan bursa pemilihan walikota Yogyakarta, September 2011 mendatang. Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Yogyakarta ini diusung Forum Peduli Masyarakat Yogya (FPMY) sebagai calon independen.

“Ini merupakan mandat. Siap tidak siap, harus siap. Masyarakat berhak memilih calon walikota yang mereka anggap mampu,” jelasnya di depan FPMY di kantor LBH Yogya, Kamis (17/2/2011).

Lelaki asal Makasar, Sulawesi Selatan ini, mengatakan, usulan FPMY untuk menjadikannya calon independen merupakan sebuah preseden dalam pemilukada Yogyakarta. “Ini merupakan preseden baik dan bisa menjadi inspirasi calon lain. Masyarakat adalah subjek pada proses pemilihan. Bukan sekedar objek untuk melakukan pemilihan,” katanya.

Suami Ratnaningsih yang sudah memiliki KTP Yogya dari 2004 lalu ini berjanji akan terus konsisten mendampingi masyarakat Yogyakarta dalam penegakan hukum. “LBH tetap konsisten mendampingi masyarakat dalam penegakan hukum,” bebernya.

Koordinator FPMY, Rokhiman mengatakan, meskipun rakyat bisa memilih dan menentukan calon pemimpinnya secara langsung, namun masyarakat belum puas dengan hasil pemilihan langsung.

Rokhiman menyebut, pemimpin yang sudah menduduki kekuasaan suka lupa dengan masyarakat. Rakyat tidak bisa melakukan komunikasi secara langsung. “Kami butuh calon pemimpin yang sudah terbukti konsisten dalam membela kepentingan dan memperjuangkan rakyat. Makanya kami minta pak Irsyad Thamrin untuk maju,” jelasnya.

FPMY terdiri dari organisasi Sarang Lidi, Organisasi Becak Motor Yogya (OBMY), Forum Tukang Ojek Yogya, Gabungan Posko Rakyat (GKR), Pegawai Guru Sekolah Swasta, Elemen Pemuda Yogya dan Ibu-ibu rumah tangga. (*)

Editor : sulis

Scroll to top