Tolak Penambangan Pasir!

Sumber : Harjo Senin, 05 April 2010 08:37:33

PANJATAN: Para petani lahan pasir di pesisir pantai selatan Kulonprogo yang tergabung dalam Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP) kembali meneguhkan sikap menolak rencana penambangan pasir besi.

Penegasan sikap itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa yang digelar akhir pekan lalu. Aksi demonstrasi digelar sebagai respons atas pernyataan Pemkab Kulonprogo yang menegaskan penambangan pasir besi tinggal menunggu realisasi. Aksi tersebut sekaligus mengiringi hari jadi keempat PPLP.

Ketua PPLP Supriyadi dalam orasinya mengatakan warga yang tergabung dalam PPLP tetap menolak kehadiran penambangan pasir besi di wilayah pesisir selatan Kulonprogo. “Kami tetap menolak rencana pembangunan pasir besi,” ujar Supriyadi dalam orasinya.

Ia mengatakan PPLP sudah memperjuangkan hak-hak petani selama empat tahun ini dan akan terus berjuang sampai akhir nanti. Mereka tetap menolak rencana penambangan pasir besi. Unjuk rasa tersebut diikuti ratusan petani anggota PPLP. Mereka menggelar perhelatan akbar dalam rangka hari jadi PPLP di Desa Berantan Bugel Panjatan Kulonprogo. Selama orasi Supriyadi terus membakar semangat para petani agar tidak menyerah dalam perjuangan mereka.

Di samping itu, dukungan juga datang dari aktivis Aji Kusumo dan LBH Jogja. Perayaan hari jadi tersebut juga diwarnai aksi konvoi sepeda motor ratusan petani. Selain itu sebuah gunungan juga diikutsertakan untuk menandai peringatan hari jadi PPLP dan simbol perjuangan para petani yang telah bertahun-tahun menghijaukan kawasan pantai dan menggantungkan hidupnya dari pertanian lahan pasir.

Gunungan tersebut merupakan hasil pertanian dan diarak dari Bugel, Pleret, Silira hingga Karangwuni. Aksi unjuk rasa mendapatkan pengawalan ketat dari puluhan anggota kepolisian Polres Kulonprogo.(man)

Scroll to top