Kasus

Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Kasus ekonomi, sosial, dan budaya adalah kasus yang berkaitan dengan hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya seseorang atau sekumpulan orang/komunitas. Hak-hak tersebut secara lengkap disebutkan dalam Kovenan Internasional Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya (ICESCR), yang telah disahkan oleh pemerintah melalui UU No. 11 Tahun 2005.

Contoh hak ekonomi, sosial, dan budaya:

Hak atas pekerjaan, hak mendapatkan kenyamanan dan kondisi kerja yang baik, hak atas standar hidup yang layak termasuk pangan, sandang, dan perumahan, Hak terbebas dari kelaparan, Hak menikmati standar kesehatan fisik dan mental yang tinggi, Hak atas pendidikan.

 

Untuk mencari kasus yang spesifik, silahkan gunakan fasilitas Search/Cari.

Sipil dan Politik

Kasus sipil dan politik adalah kasus yang berkaitan dengan hak-hak sipil dan politik seseorang atau sekumpulan orang/komunitas. Hak-hak tersebut secara lengkap disebutkan dalam Kovenan Internasional Hak Sipil dan Politik (ICCPR), yang telah disahkan oleh pemerintah melalui UU No. 12 Tahun 2005.

Contoh hak sipil dan politik:

Hak untuk hidup, hak untuk bebas dari siksaan dan perlakuan tidak manusiawi, hak untuk menentukan nasib sendiri, hak untuk pengadilan yang jujur, hak untuk berpolitik, hak kesamaan dimuka hukum, dan lain lain.

Untuk mencari kasus yang spesifik, silahkan gunakan fasilitas Search/Cari.

Bantuan Hukum Untuk Miskin dan Tertindas