Apa Yang Kami Lakukan

Konsultasi Hukum

Diberikan kepada setiap kelompok masyarakat dalam wilayah kerja LBH Yogyakarta yang ingin mencari keadilan dan membutuhkan nasehat hukum untuk semua jenis perkara/ kasus.

Setiap pencari keadilan yang ingin mendaftarkan konsultasi dan bantuan hukum secara cuma-cuma harus menunjukkan KMS (Kartu Menuju Sejahtera) atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW setempat.

Untuk pencari keadilan yang tidak cuma-cuma, membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (Seratus Ribu Rupiah), dan akan berlaku konsultasi untuk 3 bulan.

Dalam proses perkara, pencari keadilan atau klien, apabila diperlukan harus bersedia setiap waktu memenuhi panggilan/undangan dari LBH Yogyakarta.

Menyerahkan 1 (satu) lembar Materai senilai Rp. 6.000,00 (Enam Ribu Rupiah) dan penandatanganan Surat Kuasa Khusus bila diperlukan.

Pendampingan Kasus

Diutamakan pada kasus yang menyangkut pada kepentingan-kepentingan kelompok masyarakat dan pula memiliki prospek bagi pengembangan dan pembaharuan hukum yang lebih memihak kepada masyarakat.

Pengorganisasian, publikasi dan kampanye adalah salah satu bagian kegiatan dari pendampingan kasus yang fungsinya sebagai alat pembantu terselesaikannya suatu kasus.

     Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan bagian kerja advokasi LBH Yogyakarta yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dengan berbagai bentuk aktifitas, yang antara lain dengan melakukan pendidikan peningkatan kapasitas masyarakat korban dan penyadaran akan posisi serta hak-haknya yang terampas.

     Publikasi & Kampanye

LBH Yogyakarta juga aktif dalam melakukan kegiatan publikasi dan kampanye menyangkut topik yang menjadi bidang prioritas kerja LBH Yogyakarta seperti perlindungan terhadap hak sipil dan politik, Hak ekonomi , sosial danbudaya serta perlindungan terhadap hak-hak buruh, petani dan kelompok miskin kota serta kelompok-kelompok rentan.

Bantuan Hukum Untuk Miskin dan Tertindas